• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Logo dan Bendera Negeri Sabah - Persekutuan Tanah Melayu (Malaysia)

 on Wednesday 23 March 2016  

Lambang Sabah
Sabah (Jawi:صباح) adalah salah satu negara bagian di Malaysia dan juga merupakan salah satu dari 13 negara bagian pendiri di dalam persekutuan Malaysia di Pulau Borneo. Terletak di timur laut pulau Kalimantan, Sabah adalah negara bagian kedua terbesar di Malaysia setelah tetangganya di barat daya, Sarawak. Sabah juga berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Utara,Indonesia, di selatan. Ibukota negara bagian ini adalah Kota Kinabalu. Sabah sering disebut sebagai "Negeri di Bawah Bayu" (Land Below the Wind), sebuah frase yang digunakan oleh pelaut pada masa lalu untuk menggambarkan daratan di selatan sabuk topan.
Baca Juga :

Etimologi

Asal mula nama Sabah masih belum jelas, dan banyak teori yang muncul. Salah satu teori adalah bahwa pada masa Sabah merupakan bagian dari Kesultanan Brunei, di daerah pantai wilayah tersebut banyak ditemukan pisang saba, salah satu jenis pisang. Teori lainnya adalah karena lokasi Sabah berkaitan dengan Brunei, "Sabah" adalah suatu kata dalam bahasa Melayu Brunei yang berarti hulu atau sisi utara sungai. Teori lain menyatakan bahwa nama itu berasal dari kata dalam bahasa Melayu sabak yang berarti tempat gula aren diekstrak. Sabah juga merupakan satu kata dalam bahasa Arab yang berarti matahari terbit. Banyaknya teori menyebabkan asal mula sebenarnya dari nama Sabah sulit ditentukan.
Pernah dikatakan bahwa Sabah dulunya adalah Seludang yang disebutkan dalam naskah Jawa tahun 1365, Kakawin Nagarakretagama karya Empu Prapañca.
Bendera Sabah

Geografi

Bagian barat Sabah umumnya adalah pegunungan, terdiri atas tiga gunung tertinggi di Malaysia. Jajaran gunung yang paling terkenal adalah Banjaran Crocker tempat berdirinya beberapa gunung dengan ketinggian antara 1.000 hingga 4.000 meter. Dengan tinggi 4.095 meter, gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Kepulauan Melayu (tidak termasuk pulau Papua) dan tertinggi ke-10 di Asia Tenggara. Hutan-hutan di Sabah diklasifikasikan sebagai hutan hujan tropis dan memiliki beragam spesies tumbuhan dan hewan. Taman Nasional Kinabalu telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2000 karena kekayaannya dalam keanekaragaman tumbuhan dikombinasikan dengan keunikan geologi, topografi, dan kondisi iklimnya.
Berdiri dekat gunung Kinabalu adalah gunung Tambuyukon. Dengan tinggi 2.579 meter, gunung ini adalah gunung tertinggi ketiga di Malaysia.

Sejarah

Diambil alih oleh British North Borneo Company pada tahun 1881, dan menjadi protektorat Britania Raya dengan masalah internal tetap diadministrasi oleh perusahaan tersebut tahun 1888. Pada 1946, pemerintahan perusahaan tersebut berakhir dan Sabah menjadi koloni dari Borneo Utara Britania sampai tergabung dalam Federasi Malaysia pada 1963.
Lihat Demografi Malaysia untuk penjelasan lebih lanjut tentang populasinya.

Artikel dikutip dari Wikipedia
Sumber data Vector : http://vectorise.net/

Logo dan Bendera Negeri Sabah - Persekutuan Tanah Melayu (Malaysia) 4.5 5 onsirtus Wednesday 23 March 2016 Lambang Sabah Sabah  ( Jawi :صباح) adalah salah satu negara bagian di  Malaysia  dan juga merupakan salah satu dari 13 negara bagian pendiri...


No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.
J-Theme