• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Arti / Makna Logo/Lambang Polda Papua Barat

 on Thursday 21 January 2016  

Inilah Ulasan arti dan makna masing - masing gambar pada Logo Polda Papua Barat :
Disahkan melalui, KEP KAPOLRI, NOMOR : KEP/296/IV/2015, TANGGAL 6 APRIL 2015 TENTANG PATAKA DAN LOGO POLDA PAPUA BARAT.

Laut merupakan representasi dari icon kekayaan alam laut yang dimiliki oleh Provinsi Papua Barat. Laut menjadi bagian penting bagi kehidupan masyarakat khususnya dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan hidup.
Laut sebagai nilai filosofis bagi Polda Papua Barat untuk senantiasa berpikir luas dalam menghadapi setiap tantangan tugas khususnya dalam menjaga Kamdagri di wilayah hukum Papua Barat.

Papua Barat terkenal dengan keindahan alam lautnya sehingga direpresentasi ke dalam 5 Pulau yang menjadi icon Kepulauan sebagai entitas Provinsi Papua Barat diantaranya terdiri dari :

  1. Representasi dari Bentangan Kepulauan di wilayah Kaimana, Pulau Triton yang terkenal dengan keindahan alam laut dan tebing sebagai entitas Kabupaten Kaimana;
  2. Bentangan Kepulauan di wilayah Fakfak yang terkenal dengan Pulau Tiga sebagai gugusan dari Kepulauan Karas yang juga terkenal dengan keindahan alam lautnya;
  3. Representasi dari Bentangan Kepulauan Raja Ampat yang sudah terkenal sebagai destinasi wisata Internasional dengan segala kehidupan Hayati di dalamnya berikut kekayaan sumber daya alamnya;
  4. Representasi dari Pulau Mansinam yang penuh nilai histori bagi masyarakat Papua dimana 2 Missionaris asal Belanda dan Jerman bernama Carl Wilhelm Ottow dan Johan Gottlob Geissler menginjakan kaki untuk pertama kalinya pada tanggal 5 Februari 1885 untuk membawa peradaban baru di Tanah Papua
  5. Representasi dari Kepulauan di Teluk Wondama/ Wasior yang termasyur dengan bentangan Pulau kecil seperti Pulau Rumberpon, Nusuka dan Nusrowi berikut garis pantai nan indah dengan kekayaan terumbu karang di dalam lautnya.

Makna Gambar Lambang PADI adalah menunjukan cita-cita untuk tercukupinya kebutuhan pangan, atau makanan yang melimpah untuk seluruh lapisan masyarakat. Sedang makna Gambar Lambang KAPAS adalah menunjukan cita-cita untuk tercukupinya kebutuhan sandang dan papan dan kebutuhan sekunder lainnya untuk seluruh lapisan masyarakat.

Lambang PADI dan KAPAS menunjukan cita-cita Polda Papua Barat untuk turut serta mewujudkan Masyarakat yang Bahagia, Makmur dan Sejahtera.

Icon gunung merupakan representasi dari Pegunungan Arfak dengan langit cerah sebagai terminologi contur Pegunungan yang mewarnai topologi geografis Provinsi Papua Barat.
hati yang teguh dalam memegang prinsip  juga dilambangkan seperti gunung yang kokoh yang tidak mudah di belokkan oleh angin maupun hujan badai. Susah untuk menghancurkan gunung, gunung hanya bisa dihancurkan oleh dirinya sendiri dikala sedang meletus. Itulah filosofi yang digali dan dipedomani oleh Polda Papua Barat untuk senantiasa bersikukuh pada Tri Brata dan Catur Prasetya sebagai falsafah memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah Papua Barat.

Lingkaran dengan ruang putih dan list merah merupakan representasi dari kesatuan utuh antara masyarakat dan alamnya dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara. Warna List Merah dan ruang putih sebagai warna legendaris penuh makna masyarakat Indonesia mencerminkan tekad untuk menjaga wilayah Papua Barat sepenuhnya utuh dalam bingkai NKRI.

Icon manusia yang sedang mendayung di atas kapal merupakan representasi dari sejarah masyarakat Papua Barat yang notabene menggunakan kapal sebagai sarana penting dalam kehidupan sehari-hari.
Icon ini dimaknai sebagai komitmen Polda Papua Barat dalam mengarungi segala tantangan tugas serta menghadapi setiap gangguan keamanan dengan penuh kehati-hatian dan sikap pantang menyerah.

Icon segi lima merupakan representasi dari Pancasila sebagai dasar Negara yang menjadi building block/Batu Bangun dan falsafah bagi setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Selain Tri Brata dan catur Prasetya, Polda Papua Barat juga menjadikan Pancasila sebagai ideologi dalam pelakasnaan tugas serta diyakini dan dijaga sebagai sebuah ideologi Bangsa.

Dikutip dari : http://poldapb.blogspot.co.id/

Arti / Makna Logo/Lambang Polda Papua Barat 4.5 5 onsirtus Thursday 21 January 2016 Inilah Ulasan arti dan makna masing - masing gambar pada Logo Polda Papua Barat : Disahkan melalui, KEP KAPOLRI, NOMOR : KEP/296/IV/2015, TA...


1 comment:

Powered by Blogger.
J-Theme